Wednesday, May 18, 2016

Aceh 1 : Take Me Back To Sabang

It’s about Sabang, the most western part of Indonesia
Part 1

Pantai, laut, danau, bukit hingga gunung, semua lengkap tersedia di bumi Nanggroe Aceh Darussalam ini. Tempat ini adalah surga di ujung barat Indonesia
Beach, ocean, lake, hill to the mountains are available completely in Nanggroe Aceh Darussalam. It is a paradise in western Indonesia
* * *
Selama beberapa hari di Aceh, ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi, misalnya di Sabang.
For a few days in Aceh, there are some places that must be visited, for example: Sabang.

Sabang, atau yang terkenal dengan Pulau Weh ini dikelilingi oleh Selat Malaka dan Samudra Hindia. Untuk menuju tempat ini, kita bisa menggunakan kapal cepat (45 menit) atau kapal lambat (2 jam) dari Pelabuhan Ule Lheue.  
Sabang, or  Weh Island, is surrounded by the Malacca Strait and the Indian Ocean. To reach this point, we can use a fast boat (45 minutes) or slow boat (2 hours) from Port Ule Lheue.

Sesampainya di Sabang, saya pun merasakan harmonisasi alam dan manusia. Tempat ini menyenangkan dan menenangkan,
Arriving in Sabang, I felt the harmony of nature and people. It was pleasant and enjoyable place.

Tugu Nol Kilometer (Monument of Zero Kilometer)
Meskipun harus melalui jalur yang berbelok-belok namun dengan aspal yang sempurna, perasaan bahagia saya dapatkan saat tiba di tugu penanda bagian barat Indonesia. Saat tiba di sana, saya langsung berkata dengan penuh semangat “Welcome Kilometer Nol Indonesia.” 
Although I had to bent for many times with “perfect” asphalt, I felt happy to reach the memorial marker of the western part of Indonesia. When I got there, I immediately said excitedly "Welcome Zero Kilometer of Indonesia."


feeling happy to be here with you
Di sekitar, tugu Nol Kilometer, saya pun bisa melihat Selat Malaka lebih dekat. 
Getting monument of Zero Kilometer, I could see Malacca Straits closer. 

Pantai Ibooh (Ibooh Beach)
Pantai ini menawarkan pemandangan bawah laut yang indah. Hal ini saya buktikan saat menjejak di tempat ini dan mendapati banyak wisatawan asing dan domestik yang snorkling dan diving di tempat ini.

The beach offers beautiful underwater scenery. This was proved when I was there and I found many foreign and domestic tourists who did snorkeling and diving.




Pantai Sumur Tiga
Ada 3 sumur air tawar di sepanjang pantai ini sehingga disebut sebagai Pantai Sumur Tiga. Berada di pantai ini membuat saya merasa tenang. Pasir putih yang berkilau memanjakan mata. Pohon-pohon kelapa yang tumbuh menyejukkan perasaan. Pemandangan laut di pantai ini sangat indah.

There are three freshwater wells along the coast of this beach, so it is called as “Three Wells Beach”. Being on the beach made me calm. White sand sparked my eyes. Coconut trees soothed feeling. The ocean view on the beach is very beautiful.



0 comments:

Post a Comment