Terminologi
pendidikan dalam konteks yang lebih kuno mengacu pada dua pemahaman, yaitu
sebagai tindakan edukatif dan tindakan didaktis (Doni Koesoema A dalam buku
Pendidikan Karakter)
sumber foto : edtechreview.in |
Doni Koesoema menerangkan terminonologi pendidikan dalam tindakan edukatif dan tindakan didaktis dalam tulisannya. Baginya, tindakan edukatif mengacu pada sebuah intervensi sengaja untuk mempromosikan sebuah proses menjadi secara penuh dalam diri individu maupun kelompok dengan memperhatikan dimensi global dan aspek-aspek yang menyertainya. Sedangkan tindakan didaktis lebih tertuju pada proses pengajaran dan objek-objek pembelajaran,
Tindakan edukatif melibatkan pembelajar dan latar
belakang sejarahnya. Oleh karena itu, ketika guru sebagai sosok pengajar dan
pendidik meleburkan diri dalam hubungan interpersonal (termasuk memahami latar
belakang sejarah) dengan pembelajar sebagai bagian dari tindakan edukatif, guru
mampu memposisikan diri secara efektif dalam menggiring pembelajar untuk
memahami pengetahuan-pengetahuan yang tidak diketahui sebelumnya.
Tindakan didaktis melibatkan dimensi intrinsik dan
hasil pembelajaran pada pembelajar. Oleh karena itu, guru diharapakan mampu
memahami dimensi intrinsik yang ada pembelajar misalnya perbedaan motivasi gaya
belajar, strategi belajar dan sebagainya dalam menghasilkan hasil pembelajaran
yang bermakna sebagai bagian dari pelaksanaan amanah yang diemban.
0 comments:
Post a Comment