Sunday, June 16, 2024

Dampak Membaca Nyaring pada Anak


Jika ❤👱❤❤👱ditanya, sejak kapan mulai membacakan nyaring Salam? Jawabannya sejak anak pertama saya dan Bang Romi ini bayi, saya lupa saat minggu keberapa kelahirannya. Saat itu, saya pernah mendengarkan beberapa informasi tentang pentingnya membaca nyaring. Selain itu, saya memang hobi membaca buku. Sehingga beraktivitas dengan buku tentu selalu menyenangkan, apalagi bersama anak pertama kami saat itu 

Alhamdulillah, di tahun lalu, saya mendapat kesempatan berguru langsung meski secara virtual pada Bu Roosie dalam momen ToT Read Aloud hingga menjadi Read Aloud Trainer. Di situ, saya semakin belajar teknik membaca nyaring. Saya langsung mencocokkan beberapa pernyataan dengan peristiwa yang saya dan Bang Romi alami bersama Salam terkait aktivitas bersama buku.

Saya melihat secara langsung bagaimana dampak membaca nyaring pada anak, hingga tanpa program khusus mengajarkan membaca, di usianya 5 tahun, Salam sudah bisa membaca sendiri. 

Tapi, apa saya dan Bang Romi akan berhenti membacakan nyaring untuknya? Tidak. Aktivitas penting tersebut tetap dilanjutkan. 

Nah, apa saja akhirnya dampak membaca nyaring yang saya rasakan pada Salam?

Pertama, pemahaman Salam meningkat. Tentunya, ini saya percayai karena saat membacakan nyaring, otak Salam terlibat secara aktif dalam mendengar dan memproses informasi .

Kedua, meningkatkan keterampilan berbicara. Di usia 2 tahun lebih, saya melihat perkembangan Salam secara signifikan berbicara. Bahkan melebihi beberapa pencapaian bahasa untuk rentang usia tersebut. Keterampilan berbicara ini tentunya didapatkan dari kosa kata yang beragam yang didapatnya dari membaca. Saya tiada henti berucap syukur kala itu. 

Ketiga , meningkatkan konsentrasi. Membaca nyaring bisa melatih fokus dan konsentrasi untuk anak. Sehingga, kelak tiba masa anak tidak akan kesulitan untuk memperhatikan hal-hal penting yang perlu dilihat atau didengarnya.

Keempat , membantu mengembangkan diri menjadi pendengar yang baik. Tentunya, ini adalah tujuan jangka panjang yang ternyata bisa didapatkan dari Membaca Nyaring. Ketika kita membacakan nyaring, anak duduk berlatih sabar mendengarkan apa yang kita bacakan. Ini juga jadi harapan saya kelak pada Salam, agar anak Soleh yang kuat dan berani ini semoga tumbuh menjadi "good listener"

Nah, ada lagi dampak dari membaca nyaring yang sudah dirasakan? Share dong! 

0 comments:

Post a Comment