Friday, October 7, 2016

Bagaimana Mengimplementasikan Global Citizen di Tingkat Sekolah?

Catatan Hari Pertama “The Launch of Generation Global”

Setelah pemaparan materi dari Prof. Dr. Arief Rachman, para peserta The Launch of Generation Global menerima materi dari Dra. Hasnah Gasim (National Coordinator of UNESCO ASPnet/iEARN Indonesia)  dengan judul What is Global Citizenship? (6/10).

Dalam paparan Bu Hasnah, Global Citizen (warga dunia) adalah seseorang yang berkontibusi untuk global, sadar tentang perannya di dunia yang global serta memahami isu-isu yang sedang melanda. Lebih lanjut, Bu Hasna menjelaskan bahwa dengan memahami peran sebagai Global Citizen, seseorang akan lebih menghargai keberagaman dan berkontribusi di berbagai bidang untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.


Selanjutnya, Bu Hasna pun memaparkan cara pengimplematasi Global Citizen di sekolah kepada para guru selaku peserta kegiatan. Pengimplementasian itu mengacu pada 7 prinsip kegiatan pembelajaran, yaitu:
berpusat pada peserta didik
mengembangkan kreatifitas peserta didik
menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang
bermuatan nilai, etika, estetika, logika dan kinestetika
menyediakan pengalaman belajar yang beragam melalui penerapan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektf, efisien dan bermakna.

Last but not least,  dalam mengimplementasikan Global Citizen di lingkup sekolah, yang guru harus pahami juga adalah 17 Sustainable Development Goals (SDGs). Sudahkah kita mengetahui 17 SDGs?

0 comments:

Post a Comment