Thursday, October 6, 2016

Hari Berbagi PCMI SULSEL : Tips Mendapatkan Beasiswa

Nurhady Sirimorok dan Widyarini Bakhri adalah dua anggota PCMI SULSEL yang berbagi pada kegiatan Hari Berbagi PCMI SULSEL. Tema yang kemarin (26/9) mereka paparkan adalah Tips Mendapatkan Beasiswa. Nurhady Sirimorok yang merupakan alumni Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada adalah Stuned Awardee, beasiswa fully funded dari Pemerintah Belanda beberapa tahun silam. Sedangkan Widyarini adalah mahasiswa semester III program Pascasarjana UNHAS yang memperoleh beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Dalam paparannya, Nurhady Sirimorok menjelaskan bahwa dalam mengejar beasiswa yang pertama dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri tentang jurusan apa yang akan diambil. Ini akan mengantarkan kita untuk mencari tahu universitas yang akan dipilih. Selanjutnya adalah menggali informasi tentang tawaran beasiswa, misalnya persyaratan dan timeline. Berikut adalah beberapa link yang dibagikan.

Selain itu ada pertanyaan apakah Anda sudah benar-benar siap? Termasuk dalam kemampuan Bahasa Inggris, Kemampuan menulis/berpikir ilmiah serta Pengalaman/reputasi. Selanjutnyaadalah lengkapi berkas.

Widyarini sebagai presenter kedua memaparkan tentang LPDP secara mendetail termasuk jenis-jenis dan Timeline beasiswa LPDP. Selain itu seleksi substansi yang meliputi wawancara, LGD dan on the spot writing .

0 comments:

Post a Comment