Friday, October 5, 2018

5 Oktober 2018, Selamat Hari Guru Internasional Untuk Kalian Para Guru Sejati

Guru Impian di Desa Serempah


Diamanahi menjadi Koordinator berbagai program sosial di Rumah Relawan Remaja, sebuah komunitas sosial yang bergerak untuk kemanusiaan dengan pusat sekretariat di Peukan Bada, Aceh Besar, menjadi sebuah wadah belajar sebagai  Social Worker dan berinovasi luar biasa dalam berbagai ranah sosial, salah satunya di bidang pendidikan.


Bersama para relawan yang kami sebut guru impian dan tentu saja dipimpin oleh koordinator Pustaka Kampung Impian bernama Nanda Rahmad , kami menyusun Kurikulum sendiri untuk membuat dekat aplikasi kurikulum itu sesuai konteks masyarakatnya, karena sebut saja misalnya kondisi Desa Bah di Kabupaten Aceh Tengah tentu berbeda dengan kondisi Desa Lapeng di Kabupaten Aceh Besar. Kurikulum yang kami susun mencoba menguak hal-hal penting yang seharusnya membuat masyarakat bangga akan kampung mereka, bukan terperdaya cerita masyarakat urban yang penuh hedonisme.






Berbagai hal luar biasa lain juga saya temukan di sini, misalnya perihal pembelajaran transformatif, emansipatitoris dan komunikatif, meskipun perjalanan bersama Guru Impian masih terbilang singkat (and still counting).

Harapan saya, semoga Guru Impian program Pustaka Kampung Impian, para relawan pendidikan serta guru-guru "yang memang bekerja karena panggilan kemanusiaan, bukan sebagai batu loncatan," terus bergerak, berinovasi dan berkolaborasi. 


Hari ini, 5 Oktober 2018, saya ingin mengucapkan "Selamat Hari Guru International, wahai para guru yang menjadi bagian yang tidak bungkam pada sistem pendidikan kekinian yang masih menghamba pada kompetisi dan keseragaman berpikir!!! Karena setiap pembelajar/peserta didik punya kemampuannya masing-masing!


0 comments:

Post a Comment