Monday, August 19, 2019

Coding Mum Aceh 2019, Sebuah Proses Belajar Hal Baru



27 Juli – 3 Agustus 2018 adalah hari-hari penuh dengan pembelajaran baru. Saya mengikuti sebuah kegiatan bertajuk Coding Mum yang dilaksanakan di Hellotive, sebuah co-working space yang ada di Banda Aceh.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bekraf, Kollanomad, Gumugu Academy dan Hellotive ini diikuti oleh 80 perempuan yang ada di Aceh, yang dibagi dalam kelas pagi dan siang. Di sini pulalah, saya bisa berjejaring dengan para perempuan yang ingin terus berkarya dengan kemampuan mereka, terlepas dari kesibukan sebagai ibu rumah tangga, guru, mahasiswa serta kesibukan lainnya.


Sejak hari pertama saya yang sedari awal tidak tahu apa-apa perihal programming, sudah mulai tahu sedikit tentang bagaimana seorang programmer bekerja. Masih sedikit, tapi itu yang ingin buat saya terus belajar. Saya terus semangat belajaar, apalagi kelas memang dikonsep menyenangkan dan menenangkan.


Di hari kedelapan kegiatan, tepatnya tanggal 3 Agustus 2019, tibalah masa presentasi website yang dibuat dalam 7 hari. Jika ditanya tentang perasaan, saya akan menjawab dengan suara lantang. “Saya bahagia.” Karya pertama lahir. Semoga karya ini akan jadi momentum karya-karya selanjutnya.

Karya yang akhirnya saya presentasikan dan mendapatkan komentar positif dari para tim penilai saat itu adalah website Project Social Enterprise berjudul Kampung Kita. Ide ini muncul mengingat karya-karya ibu-ibu luar biasa seperti pouch, pembalut kain, gantungan kunci dan lain sebagainya yang diadakan di berbagai kampung terpencil melalui program Pustaka Kampung Impian Rumah Relawan Remaja Aceh. Kedepannya, semoga website ini bisa segera dipublikasikan dan digunakan sebagai wadah jualan karya-karya masyarakat kampung.

sesi presentasi

* * *
Selama menjalani hari-hari sebagai proses belajar di Coding Mum dan menghasilkan sebuah website, saya semakin memahami tentang proses belajar hal-hal baru. Terkadang rumit, terkadang juga mudah. Tergantung dari perspektif mana saya melihatnya. Tentu saja, seberapa kuat kuat juga saya mampu menghalau distorsi yang muncul saat saya sedang berproses tersebut.

Belajar Coding Mum adalah sebuah aktivitas luar biasa di penghujung Juli dan awal Agustus tahun ini. Banyak hal baru yang saya dapatkan. Bukan hanya tentang HTML, CSS ataupun Javascript, tapi juga tentang ketelitian, empati, kerjakeras, kolaborasi dan kemauan.




0 comments:

Post a Comment