Tuesday, January 3, 2017

Menjadi Guru Yang Luar Biasa


Libur telah usai. Semoga cukup untuk menyemangat diri. Begitu pun kami para guru di Bosowa School Makassar yang terus berinovasi mendidik generasi-generasi bangsa ini.

Hari pertama kami diisi dengan kegiatan sharing session atau sesi berbagi yang merupakan rangkaian Workshop yang dilaksanakan mulai tanggal 3-6 Januari 2017.

Sesi berbagi hari ini diisi oleh Ibu Titin Florentina yang juga merupakan Wakil Direktur Bosowa School Makassar. Materi-materi yang dibawakan tentu sangat bermanfaat bagi kami (para guru) yang ingin terus berkembang. Materi-materi tersebut misalnya Pendidikan Meningkatkan Kualitas Hidup, 18 Sikap, Komunikasi Menurut Al-Qur’an dan Menjadi Guru Yang Luar Biasa.

Dari pemaparan Ibu Titin Florentina, saya pun menggarisbawahi beberapa hal yang bisa kami lakukan untuk menjadi guru yang luar biasa.
Be Intentional
Untuk menjadi guru yang intentional, hubungkanlah kegiatan anak dengan manfaat bagi anak dan tujuan pendidikan anak. Hal ini membuat guru membuat perencanaan dan persiapan kegiatan yang teliti.

Be Creative
Guru yang luar biasa adalah guru yang kreatif denganmembawa kebutuhan belajar anak ke lingkungan anak sehingga anak dapat belajar banyak.

Fostering Children’s Development
Guru yang luar biasa akan menggunakan pengetahuannya menggunakan banyak strategis dalam menyusun berbagai kegiatan untuk memangun perkembangan anak.

Be A Forever Learner
Menjadi guru yang luar biasa dituntut untuk terus belajar, karena guru tidak dapat memberikan ke murid apa yang dia belum punya. 

0 comments:

Post a Comment