Wednesday, January 4, 2017

Setiap Anak Itu Cerdas




tidak ada anak yang bodoh
jika anak tidak cepat menangkap pelajaran matematika atau bahasa
anak itu pasti cerdas di bidang lainnya
karena setiap anak itu cerdas
maka arahkan anak sesuai kecerdasannya

Dr. Howard Gardner dalam penelitiannya mengemukakan tentang multiple intelligence sehingga kecerdasan anak tidak hanya dilihat dari IQ. Adapun multiple intelligence tersebut adalah:

Linguistic Intelligence
Kecerdasan ini muncul dan berkembang melalui ucapan membaca, menulis ide. Kecerdasan ini terlihat dalam kemampuan anak untuk memproduksi bahasa dan segala hal yang kompleks seperti puisi, humor,  metafora maupun pemikiran simbolis. Kecerdasan ini berada di Broca area.

Logical Mathematical Intelligence
Meliputi kemampuan menganalisa “problem logically”

Musical Intelligence
Melibatkan kapasitas memahami dan menggunakan ritmis dan tone serta sensitivitas pada suara dari sekitar. Kemampuan ini berkembang di otak bagian kanan.

Bodyly-Kinesthetic Intelligence
Kemampuan menggunakan seluruh bagian tubuh untuk menyelesaikan masalah atau melakukan suatu gerak yang menghasilkan produk. Bagian otak yang memproduksi adalah Cortex di kedua belahan otak (hemisphere)

Spatial Intelligence
Kemampuan mengorganisasikan dan memanipulasi gambar dan ruangan yang lebar. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh seorang pilot, navigator, pemain catur. Hemisphere kanan belakang memproses kemampuan spatial intelligence ini

Interpersonal Intelligence
Mengerti maksud, motivasi dan hasrat orang lain serta konsekuen bekerja efektif dengan orang lain. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh guru, politikus, perawat, penjual. Interpersonal Intelligence ini berkembang di Lobus Frontal (cortex bagian depan)

Intrapersonal Intelligence
Kemampuan untuk mengerti diri sendiri. Memanfaatkan informasi untuk mengatur kehdiupan sendiri (self regulator). Pusatnya berada di Frontal Lobe.

Natural Intelligence
Kemampuan mengenali dan mengklasifikasikan spesies, flora , fauna dan lingkungannya. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh ahli tanam, ahli mesin.  

Existstential Intelligence
Kemampuan menempatkan diri dengan sopan di jagat raya.

Spiritual Intelligence
Kemampuan untuk memahami dan mengikuti nilai-nilai, aturan-aturan agama.
* * *
Dengan adanya pemahaman tentang berbagai jenis kecerdasan di atas, semoga kedepannya kita bisa semakin memahami bahwa setiap anak itu cerdas. Sehingga sebagai guru, kita terus belajar untuk mendidik anak-anak dengan berbagai cara kreatif sehingga kecerdasan mereka akan tumbuh dan berkembang.

0 comments:

Post a Comment