Friday, May 1, 2020

2 Pekan, 4 Buku



Alhamdulillah, 2 pekan ini (15-30 April), saya bisa menyelesaikan 4 buku. Dua diantaranya, saya pilih karena sampul yang menarik, yaitu Islamic Montessori Inspired Activity dan Wow! Serunya Mendidik Anak. Buku lainnya adalah Talents Mapping, saya pilih untuk keperluan Community Sharing di Rumah Relawan Remaja. Satu buku terakhir yaitu Jenius Seperti Imam Ghazali, saya pilih karena tertarik ingin tahu kunci kecerdasan Imam Ghazali.
* * *
Islamic Montesorri Inspired Activity
Zahra Zahira memulali tulisannya dalam buku setebal 228 halamn dengan memberikan definisi Montessori sebagai sebuah metode pendidikan yang dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori di halaman pertama. Selanjutnya, penulis mendefinisikan Islamic Montessori Inspired Activity merupakan serangkai kegiatan yang terinspirasi dari kurikulum dan filosofi Montessori.

Di dalam buku ini, disajikan berbagai tips dalam mengaplikasikan kegiatan. Ada lebih dari 200 tips permainan dengan peralatan sederhana yang dibagi dalam 30 tema. Nah, dalam tema-tema ini, terdapat 7 area penting Montessori yaitu Islamic Studies, Pratical Life, Sensorial, Language, Mathematics dan Art & Craft.

Buku yang penuh warna ini sangat cocok untu orang tua, pendidik atau siapa saja yang tertarik mendalami  Islamic Montessori dengan mengaplikasikan pengenalan agama Islam ke anak dengan metode yang menyenangkan.

Wow, Serunya Mendidik Anak
Buku yang ditulis oleh Heru Kurniawan ini menggambarkan cara mendidik dan mendidik anak di abad-21. Tulisan setebal 198 halaman berisi pengalaman yang bisa menjadi inspirasi luar biasa dalam mendidik. Yup, buku ini adalah pengalaman penulis dan istrinya dalam mengasuh 4 anak mereka.

Sebagai pembaca yang memiliki anak satu, saya terkesima dengan cara sang penulis yang mengemas tulisannya dalam 38 judul kecil. Selain itu, saya banyak belajar cara menghadapi anak dengan cara-cara sederhana dan memberi pelajaran, misalnya tentang rahasia menjadi teman untuk anak, membuat kurikulum membaca untuk anak, pengalaman nonton teater dan masih banyak lagi.

Buku ini juga bisa jadi rekomendasi keren loh untuk orang tua dalam membentuk generasi yang hebat.

Jenius Seperi Imam Ghazali
Mau tahu tips menjadi bintang pelajar dengan tips islami? Rizim Aizid, penulis buku setebal 220 halaman ini menjawabnya dengan memberikan tips menjadi bintang pelajar dengan dzikir dan doa sebagai solusi ajaib. Yup, dzikir dan doa mampu meningkatkan kecerdasan majemuk.

Seperti judulnya, buku ini juga membahas tentang cara menjadi bintang pelajar dengan dzikir dan doa ala Imam Ghazali yang bernama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali ath-Thusi asy-Syafi’I .  

Di halaman 88, pembaca akan dibawa melihat cara memperoleh ilmu pengetahuan versi Imam al-Ghazali yang dibagi dalam dua macam, yakni lewat metode belajar dan metode ilham atau kasyaf.

Meskipun tergolong sebagai buku agama, bahasa penulis sangat ringan sehingga buku ini asyik dibaca dan mudah dimengerti. Selain itu, buku  yang berisi banyak ayat dan dilengkapi dengan arti berisi tips yang ditulis dengan runut. Tentu saja, ini akan memudahkan pembaca dalam mengaplikasikan ilmu yang didapatnya dari buku ini.

Talents Mapping
Sebagai seseorang yang pernah ikut Training Talents Mapping (TM), buku ini sepertinya wajib untuk saya baca untuk lebih mendalami dan menguatkan pemahaman tentang filosofi TM.

Buku bersampul merah ini ditulis langsung oleh Abah Rama Royani, Founder TM. Di bagian pembuka, penulis menyatakan harapan bahwa semoga buku ini dapat memperkaya penerapan ilmu TM melampaui batas usia pemberi buku ini. Selanjutnya, pembaca akan dibawa memahami filosofi TM sebagai sebuah management tool yang diharapkan memberi manfaat bagi orang banyak di berbagai bidang.

Abah Rama Royani dalam buku ini menggambarkan keyakinan bahwa setiap orang punya kekuatan dan ketebatasan yang dirangkum dalam 34 karakter kinerja. Dari 34 karakter kinerja inilah, kita akan mencari tahu karakter dominan yang membuat kita bisa lebih produktif.

Di buku setebal 208 halaman membahas karakter moral, 4 kuadran aktivitas, manfaat menggali bakat, pengembangan kualitas hidup, penjelasan 34 bakat yang ada dalam asesmen TM. Selain itu ada pendapat beberapa relasi yang telah menerapkan TM dalam kehidupan mereka di berbagai sektor.

Menurut saya, buku ini akan menjadi inspirasi untuk lebih memahami sifat kita yang produktif untuk hidup yang lebih asyik dan bermakna dengan mengasah potensi kekuatan seperti mengasah kapak pada sisi tajamnya.

* * *

Nah, dari 4 buku di atas, bagusnya Ammy ulas lebih jauh yang mana di Konten Youtube #AmmyMengulasBuku yah???

2 comments: