Sunday, May 31, 2020

5 Buku, 2 Pekan



Periode 15-31 Mei 2020, ada 5 buku yang saya. Ada 4 buku yang selesai, 1 buku berjudul orang Aceh yang tebal 915 halaman belum selesai.

Perkabungan untuk Cinta, sebuah buku kumpulan sajak yang ditulis oleh Faisal Oddang, sastrawan terkenal yang terus beroleh penghargaan hingga kini karena karya-karyanya yang luar biasa. Di buku ini, ada 53 puisi bertemakan cinta ditulis dengan sangat piawai.  Beberapa puisi favorit saya adalah Pagi di Leiden dan Reuni Sekolah Menengah Atas. Di bagian testimoni, pembaca akan menemukan komentar Joko Pinurbo bahwa “Andai Chairil Anwar membaca sajak-sajak ini, mungkin ia akan menyesal telah mati muda. Sebagai pembaca, kita akan mengangguk tanda setuju akan komentar Jokpin tersebut 😊

Muhammad Al-Fatih, Sang Penakluk Konstantinopel adalah buku yang saya baca untuk diulas pada Book Review yang setiap bulan dilaksanakan @rumahrelawanremaja.  Buku yang ditulis oleh John Freely  ini bercerita tentang sebuah sejarah dunia yang dulunya terbagi menjadi dua kekuasaan. Imperium Romawi dan Khilafah Islam. Di buku ini, dijelaskan tentang perjuangan  Mehmet II (Muhammad Al-Fatih) adalah seorang keturunan Kesultanan Utsman yang berjuang untuk membebaskan Imperium Romawi menjadi kekuasaan Islam.

Hello Stress, sebuah buku psikologi untuk lebih mengenal dan mengatasi stress. Dibuku yang ditulis oleh Meilani Haryono menjelaskan tentang stres sebagai reaksi tubuh dan emosi yang terjadi sebagai respon dari suatu kejadian (stressor). Pada dasarnya, respon fisik dan emosi dari stress ditujukan agar seseorang dapat menghadapi suatu kejadian (stressor) secara optimal (disebut sebagai Eustress). Namun, jika stres itu berlebihan dan menumpuk, menjadi stress buruk (distress). Faktor lingkungan, sosial, fisik dan pikiran adalah penyebab stres.
Buku ini menarik karena dilengkapi dengan banyak gambar yang mendukung penjelasan dari penulis. Tips yang ditulis untuk mengatasi stres dan menjaga kondisi tubuh juga sangat mudah diaplikasikan.

Buku lainnya adalah buku kecil ide besar yang ditulis oleh Bertrand Russel berjudul Apa yang Aku Yakini. Buku berisi 5 bab ini berisi tentang pikiran penulis tentang kedudukan manusia di alam semesta, Didalamnya, pembaca akan mendapati perbedaan filsafat nilai dan filsafat alam. Selain itu, penjelasan tentang cinta yang sedikit banyak lebih fundamental daripada pengetahuan meskipun keduanya dibutuhkan.

Didalam buku setebal 50 halaman, ada beberapa pandangan yang akan diperdebatkan banyak orang, termasuk saya misalnya aturan moral seharusnya tidak menghalangi kebahagiaan naluriah dan beberapa pandangan lainnya. Tapi, saya pun setuju pada beberapa hal semisal tentang revolusi bukan jalan pintas ke arah milennium. Tapi membangun kecerdasan, pengendalian diri dan simpati. Selain itu, buku yang ditulis perdana tahun 1925 ini masih sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Buku yang belum selesai hingga 31 Mei ini berjudul Orang Aceh. Saya baru membaca 153 halaman dan 915 halaman dalam buku yang ditulis oleh Snouck Hurgronje ini. Buku ini menceritakan tentang Orang Aceh yang ditulis dengan riset mendalam meskipun dalam durasi yang tidak terlalu lama. Hingga halaman yang telah say abaca, saya baru mendapatkan sedikit gambaran tentang  elemen-elemen penduduk, pakaiana, makanan, tempat tinggal dan peralatan rumah tangga orang Aceh. Selain itu, proses pemprolehan data untuk bahan tulisan juga dipaparkan di bagian awal.

Akan butuh waktu lama untuk menyelesaikan buku yang menarik ini. Semoga, ada kesempatan untuk membuat resensinya, kelak!.

0 comments:

Post a Comment