Tuesday, May 12, 2020

Ramadan Berbagi Di Tengah Hujan dan Pandemi



Apa yang membuat seseorang bisa selalu bersemangat? Salah satunya, adalah energi kebaikan yang selalu ada. Energi kebaikan itu pun terwujudkan dengan hal-hal sederhana, misalnya dengan berbagi, tak peduli dengan kondisi yang kadang tak memungkinkan. Hal ini yang kami (para relawan Rumah Relawan Remaja) coba lakukan, berbagi di tengah hujan yang sempat turun hari ini dan pandemi virus corona yang masih ada di negeri.

Kegiatan berbagi yang kami lakukan pun cukup sederhana, berbagi makanan berbuka puasa untuk anak yatim piatu yang tinggal di Desa Lam Lumpu, Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan ini dilakukan mulai dari proses membeli bahan-bahan masakan, membagi tugas dalam mengolah masakan, mengemas hingga mengantarkan makanan tersebut dengan becak sederhana yang 3R miliki.



Meski terkesan sederhana, namun kami melaksanakan dengan hati riang. Banyak tawa canda pada saat proses memasak hingga masakan beberapa menu selesai terhidang.  Sekitar pukul 15.00 WIB, tim 3R pun ditemani oleh ibu PKK Desa Lam Lumpu mendatangi rumah-rumah yang menjadi target kami hari ini (Senin, 11/5).

Kegiatan berbagi makanan untuk anak yatim dan piatu ini merupakan rangkaian kegiatan Ramadan Berbagi yang rutin dilaksanakan 3R di bulan suci Ramadan. Biasanya, kita juga melaksanakan kegiatan Buka Puasa Bersama dengan mengundang masyarakat Desa Lam Lumpu dan komunitas jejaring 3R sebagai ajang silaturahmi. Tapi, karena kondisi pandemi yang belum berakhir, kegiatan Buka Puasa Bersama ditiadakan, tahun ini.  Tapi, masih banyak hal baik lain yang bisa dilakukan. Untuk terus membuat kami yakin bahwa dengandengan berbagi, energi kebaikan itu akan terus menyala!



0 comments:

Post a Comment