Sunday, September 18, 2016

3C and 3H in Leadership

Catatan Pertama dari YSEALI U-CAMP


Satu per satu peserta memasuki ruang kegiatan YSEALI U-CAMP. Banyak diantara mereka yang sudah saling kenal, karena pernah mengikuti program YSEALI sebelumnya. Suasana keramahtamahan dan persahabatan pun terasa  selama kegiatan yang dilaksanakan oleh United in Diversity (UID) bekerjasamadengan US Embassy pada 22-24 Agustus 2016 di Artotel Hotel, Thamrin, Jakarta.



Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini menjadi insight dan motivasi tambahan untuk para pemimpin muda yang mendapat kesempatan mengikuti kegiatan. Pada akhirnya semoga kita,  termasuk saya sebagai salah satu peserta semakin memahami bahwa menjadi  pemimpin di abad-21 membutuhkan Character, Competence and Connection (3C) serta memaksimalkan potensi diri yang mencakup 3H ;head (pikiran), hand (perbuatan), heart (empati).
 
Konsep workshop yang tidak hanya sekadar lecturing, membuat para peserta yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia semakin tertarik. Sebut saja dengan adanya graphic recorder yang dibuat setiap sesinya, sculpturing untuk menggambarkan peta diri masing-masing, gallery walk dan meditasi di pagi hari membuat kita menjadi para pemimpin yang akan lebih peka terhadap kondisi sekitar, serta memahami konsep collective capacity dalam kepemimpinan di abad-21 ini untuk melihat Indonesia menjadi lebih baik.
bersama Pak Frans, Senior Facilitator UID


0 comments:

Post a Comment