Tuesday, September 6, 2016

GYSD 2016, Bukti Jiwa Relawan Para Siswa Bosowa School Makassar

Para siswa SMP Bosowa School Makassar (SMP) membuktikan bahwa menjadi relawan bisa dilakukan sedini mungkin. Jiwa relawan mereka ini buktikan dalam sebuah kegiatan bertajuk Global Youth Service Day (GYSD) 2016, sebuah kegiatan berskala internasional yang melibatkan remaja sebagai relawan untuk masyarakat.

GYSD 2016 yang mengangkat tema “We are Young Leaders, We Love Village” dilaksanakan di Desa Bonto Bulaeng Kabupaten Bantaeng pada tanggal 2-3 September. Para siswa SMP BSM menjadi relawan program pendidikan dengan mengajar anak-anak di SD  Sinoa serta pemutaran film Laskar Pelangi untuk masyarakat setempat, program kesehatan dengan membantu dokter dan bidan melakukan pelayanan kesehatan masyarakat secara gratis serta bidang lingkungan dengan melakukan penanaman pohon.


Selain menjadi relawan di berbagai bidang tersebut, para siswa SMP pun berbaur dengan masyarakat melalui program homestay, sehingga mereka bisa merasakan suasana kekeluargaan secara langsung. Selama 2 hari, mereka disebar di 25 rumah. Meski sebagian besar siswa mengalami kendala bahasa - karena sebagian besar masyarakat tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia -, GYSD 2016 berhasil membuat mereka mendapatkan keluarga baru di Desa Bonto Bulaeng ini.

Eril, Ketua OSIS SMP Bosowa School Makassar mengungkapkan kebahagiaannya karena GYSD 2016 berjalan dengan lancar. “Semoga kedepannya GYSD ini terus dilaksanakan, bahkan durasinya bisa ditambah sehingga para siswa bisa lebih beradaptasi dan menggali adat istiadat masyarakat setempat. Selain itu, saya pun berharap semoga dengan kegiatan GYSD ini, para siswa akan semakin meningkatkan jiwa relawan dalam diri masing-masing,” sambung remaja asal Kabupaten Bantaeng ini. 
Venus sedang mengajar

bersama ketua Panitia
bersama host family

menikmati suasana pagi di desa

0 comments:

Post a Comment