Saturday, July 28, 2018

Ajakan Bergabung Sebagai Relawan CARAKDE, Program Belajar Alternatif Komunitas SIGi Makassar.




Komunitas Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi) Makassar merupakan sebuah komunitas sosial yang bergerak sejak tahun 2012. Berbagai program rutin dilaksanakan, ada program bulanan berupa Receh Kehidupan (RK), program per beberapa bulan berupa Project Berbagi (PB), Aksi Sahabat Indonesia Tebar Buku (ASITERU) dan Teater Edukasi Keliling (TELING) serta program per minggu berupa kelas baCA tulis, aRitmAKa, Dakwah (pengembangan karakter) dan English.

Kali ini, saya akan sedikit membahas program mingguan SIGi Makassar yaitu CARAKDE, sekaligus mengajak kalian yang berjiwa sosial untuk bergabung dengan gerakan berbagi kebahagiaan bersama anak-anak.


CARAKDE merupakan projek pengembangan sumber daya manusia mulai dari pembentukan karakter, akhlak, dan kemampuan motorik serta kreatifitas anak-anak. Sistem pembelajaran di program  ini mengacu pada modul yang disusun oleh tim dari relawan yang disebut SIGIers dan Carakde ini dilaksanakan setiap akhir Ahad.

Sejak tahun 2012, SIGi CARAKDE sudah pernah daksanakan di beberapa tempat yaitu Desa Nelayan Untia, Jl. Salodong Kota Makassar (Januari 2013– Februari 2014), Anjungan Pantai Losari ( Januari – Maret 2014), Daerah Lakkang (Maret – September 2014), Pandang Raya yang merupakan daerah penggusuran di Jl. Pandang Raya (Oktober 2014 – Januari 2015), Asrama Dayung, Jl. Dg Tata 3 Kota Makassar ( Februari – Agustus 2015), Adhyaksa, Jl. Adhyaksa Baru Lr. 3 (Desember 2015 – Februari 2017), Rajawali, Jl. Rajawali III (Maret 2017- Sekarang) dan saat ini dilaksanakan rutin lagi di Jalan Adhyaksa melihat urgensi program untuk anak-anak di sana.

Besok Ahad, hari pelaksanaan SIGI CARAKDE. Jika kalian tertarik bergabung sebagai relawan program belajar alternatif ini, jangan segan untuk bergabung. Silahkan langsung hubungi admin di akun-akun sosial SIGI Makassar, misalnya di instagram @sigimks.

Ayo, manfaatkan hari libur dengan sesuatu yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang. Karena berbagi tidak membuat rugi.

Salam SIGi Ceria 


0 comments:

Post a Comment