Tuesday, July 17, 2018

Sedikit Catatan dari YSEALI WLA Strategic Retreat 2018


Selama 3 hari melaksanakan YSEALI Women’s Leadership Alumni (WLA) Strategic Retreat pada tanggal 29 Juni – 1 Juli) di Bangkok, saya yang berasal dari Indonesia dan Ee Lynn dari Malaysia yang bertindak sebagai dua orang Co-Chair menghimpun para pemimpin wanita yang kami sebut Country Lead dari 10 negara ASEAN untuk semakin mendorong kerjasama para pemimpin perempuan muda dalam melakukan berbagai program pemberdayaan di negara masing-masing. Kegiatan ini bisa terselenggara dengan sukses berkat dukungan luar biasa dari Elizabeth dan tim dari WEDU serta US Mission to ASEAN yang diwakili oleh Stella Sekarpuri dan Imma Suganda.
 
Both of Co-Chairs :)


Tiga hari yang penuh dengan aktivitas yang padat. Hari pertama dimulai dengan presentasi program-program yang sudah dilaksanakan oleh para Country Lead di negara masing-masing. Selain itu, ada juga presentasi dari US Mission to ASEAN dan WEDU. Di hari kedua diadakan breakout session dengan membagi para Country Lead untuk membahas tentang persoalan geografis, pendanaan dan sumber daya manusia. Tentu saja tema-tema di breakout session ini disesuaikan dengan permasalahan-permasalah yang dialami Country Lead. Di hari yang sama, kita melaksanakan Casual Conversation dengan mengundang masyarakat secara luas untuk mendengar sharing Country Lead yang kami kemas dalam bentuk Human Storybook. Kegiatan ini sangat efektif membuat kita bisa merasa mengikuti pergerakan para perempuan tangguh di negara-negara ASEAN. Malamnya, kita melukis bersama diatas sebuah kanvas. Ini sangat menyenangkan, apalagi bagiku yang pertama kali melukis. Bagaimana pun hasilnya, I’ve done my best. Di hari terakhir, kita menyusun rencana strategis program-program selanjutnya.



Saya dan Ee Lynn sebagai Co-Chair dengan dukungan WEDU dan US Mission to ASEAN sangat 
antusias melihat perkembangan jaringan pemimpin perempuan dalam YSEALI WLA Alumni Network
yang telah kami bangun. Semoga kedepannya semakin banyak pemimpin perempuan di ASEAN 
sehingga semakin tercipta kolaborasi  untuk menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan.


Jadi, jika kalian ingin mendukung atau berpartisipasi langsung dengan para Country Lead, silahkan pantau terus kegiatan kami akun grup facebook YSEALI WLA Alumni Network

0 comments:

Post a Comment