Monday, August 6, 2018

Catatan Singkat Pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII


5 Agustus 2018
Ternyata, berjalan 2 kilometer menuju Stadion Harapan Bangsa bukanlah hal yang sulit bagiku di usia kandungan yang sudah 6 bulan. Bisa jadi ini karena antuasias melihat pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII, sebuah acara kebudayaan di Aceh yang diselenggarakan sekali dalam 4 tahun. Bisa jadi juga karena bersemangat jalan ditemani suami, yang sebenarnya tidak menyukai seremoni tapi menuruti keinginanku melihat suasana pembukaan ini.

Tiba di sana, kami harus mengelilingi beberapa pintu stadion hingga akhirnya bisa masuk. Tentu karena malam itu, bergerombolan manusia juga ingin melihat keseruan pembukaan.


Pukul 21.02 akhirnya kami bisa mendapatkan tempat duduk di tribun. Terdengar suara MC yang mengumumkan bahwa acara selanjutnya adalah Theme Song PKA. Lagu untuk PKA 7 pun bergema. "Lagunya menarik," kataku singkat pada suami yang mengantar dengan tabah, karena aku tahu dia tidak menyukai seremoni. Aku pun langsung menikmatit kirab dari 23 kabupaten dan kota se-Aceh. Lalu dilanjutkan oleh sambutan dari Nova Iriansyah selaku Pelaksana Tugas Gubernur. Dalam paparannya dijelaskan bahwa PKA VII adalah momen pagelaran sasana kebudayaan dan sarana refleksi pembangunan untuk memperkuat rasa persaudaraan sesama masyarakat Aceh. Selain itu, ucapan terima kasih terlontar darinya karena PKA tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dan berharap bahwa pelaksanaan kegiatan ini semoga sesuai dengan tema yang Aceh Hebat Dengan Budaya Bersyariat.
suasana di tribun

kirab 23 Kabupaten/Kota se-Aceh


Kemudian Menteri Pendidikan RI Muhajir Efendi mewakili Presiden membuka acara secara resmi. Selain itu, Muhajir memberi apresiasi yang setinggi-tingginya untuk pelaksanaan PKA ini.

Setelah mendengar sambutan-sambutan, pagelaran budaya yang dimulai dari Tari Guel. Melihat pagelaran budaya adalah alasan utama sebenarnya saya mau kesini. Tapi persoalan lighting dan sound system membuat pagelaran tidak bisa kunikmati dengan sempurna. Ah, sayang sekali. Meskipun aku pikir para penampil telah mempersiapkan dengan sangat baik. Pada akhirnya, saya hanya mencoba menikmati pembukaan pagelaran ini dan berpikir bahwa di pelaksanaan tanggal 5-15 Agustus 2018 PKA berlangsung dengan meriah dan bermakna.

bersambung

0 comments:

Post a Comment