Wednesday, August 22, 2018

Selamat Iduladha, Semoga Kita Semakin Paham Bahwa Allah Tak Pernah Jauh!

Banyak ucapan selamat Iduladha yang masuk diponselku sejak kemarin, apalagi sejak penggunaan aplikasi WhatsApp semakin luas, percakapan dua atau multi arah semakin mudah. Jenis ucapan Iduladha yang saya terima pun beragam, mulai dari yang singkat misalnya "selamat Iduladha semuanya," hingga yang panjang berbentuk puisi. Bahkan, ada juga dalam bentuk video singkat. Terlepas dari apapun bentuknya, paling tidak ucapan-ucapan itu menjadi ajang silaturahmi meringkas jarak, apalagi bagi saya yang ada di Tanah Rencong ini.

Alhamdulillah, ini adalah Iduladha pertama yang saya jalani di Aceh bersama suami, tepatnya hari ini tanggal 22 Agustus berdasarkan ketetapan Pemerintah Indonesia. Oiya, tahun ini, ada perbedaan waktu pelaksanaan Hari Raya Iduladha di Arab Saudi dan Indonesia. Ini terjadi karena perbedaan terbitnya bulan di berbagai belahan bumi yang tidak datar ini. 

Terlepas dari perbedaan rujukan yang hadir ada yang merujuk pada waktu dan ada pada peristiwa, Hari Raya Iduladha sejatinya menjadi momentum penting. Momentum akan hari yang bermuara pada kisah ketaatan Nabi Ibrahim untuk mengikuti perintah Allah SWT, sebuah perintah yang tidak ringan untuk mencari keridhaan Allah SWT. Namun, teladan kita Nabi Ibrahim A.S. dan Nabi Ismail A.S adalah panutan yang memiliki hati yang ikhlas karena mereka yakin bahwa Allah tak pernah jauh. 

Semoga keteladanan dan nilai-nilai hikmah Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S membuat kita merefleksi diri tentang seberapa besar kita mengutamakan ikhlas Lillahi Ta'ala dalam mengerjakan segala sesuatu.

Selamat Hari Raya Iduladha untuk semua umat Islam di berbagai penjuru negeri. Semoga kita semakin paham bahwa Allah SWT tak pernah jauh. Mari berlomba mendapatkan keridhaan-Nya. 

0 comments:

Post a Comment