Sunday, August 5, 2018

Manfaat Dongeng, Catatan Singkat Dari Sebuah Workshop Dongeng (Bagian 2)

Masih kelanjutan dari Workshop Dongeng “Read Aloud” yang saya ikuti di penghujung Desember tahun 2017. Di tulisan ini, saya akan menuliskan beberapa catatan tentang manfaat dongeng untuk anak-anak yang saya dengan hari itu dari kak Heru sebagai pemateri, yang memang sudah mendedikasikan hidupnya berbagi keceriaan kepada orang banyak melalui dongeng.
sumber gambar : google


Adapun manfaat dongeng khususnya untuk anak-anak, adalah:
1.      Mengembangkan imajinasi
Dengan mendengarkan dongeng, imajinasi anak-anak akan berkembang, karena pada saat mendengar, mereka akan mencoba memvisualisasikannya.
2.      Mengenalkan anak pada buku
Pendongeng adalah sosok penting yang mengenalkan anak-anak pada buku, tentang pentingnya buku. Sehingga dengan seringnya mendengar dongeng, anak-anak akan terinspirasi untuk membaca  
3.      Mengembangkan kecerdasan emosi
Mendengarkan dongeng dengan berbagai latar suasana bisa meningkatkan kecerdasan emosi anak-anak. Pada akhirnya, mereka akan tumbuh menjadi generasi yang penuh empati.
4.      Menginspirasi anak
Mendengarkan dongeng membuat anak-anak untuk lebih peka terhadap situasi disekitarnya. Sehingga dongeng bisa menginspirasi mereka untuk berbuat hal-hal baik meski sederhana.
5.      Mempererat kedekatan emosi orang tua dan anak

Orang tua yang mendongeng untuk anak-anaknya berarti menyediakan quality time untuk mempererat emosi diantara mereka. Hal ini penting untuk mendukung terciptanya kehidupan keluarga yang harmonis. Oleh karena itu, jika kita orang tua yang sibuk, paling tidak siapkan 15 menit waktu setiap hari untuk mendongeng buat anak-anak kita. 

yang mau baca bagian pertama silahkan kunjungi Tahap-tahap "Read Aloud"

0 comments:

Post a Comment