Saturday, August 11, 2018

Tindakan Edukatif dan Tindakan Didaktis Dalam Pendidikan


Terminologi pendidikan dalam konteks yang lebih kuno mengacu pada dua pemahaman, yaitu sebagai tindakan edukatif dan tindakan didaktis (Doni Koesoema A dalam buku Pendidikan Karakter)
sumber foto : edtechreview.in

Doni Koesoema menerangkan terminonologi pendidikan dalam tindakan edukatif dan tindakan didaktis dalam tulisannya. Baginya, tindakan edukatif mengacu pada sebuah intervensi sengaja untuk mempromosikan sebuah proses menjadi secara penuh dalam diri individu maupun kelompok dengan memperhatikan dimensi global dan aspek-aspek yang menyertainya. Sedangkan tindakan didaktis lebih tertuju pada proses pengajaran dan objek-objek pembelajaran,


Tindakan edukatif melibatkan pembelajar dan latar belakang sejarahnya. Oleh karena itu, ketika guru sebagai sosok pengajar dan pendidik meleburkan diri dalam hubungan interpersonal (termasuk memahami latar belakang sejarah) dengan pembelajar sebagai bagian dari tindakan edukatif, guru mampu memposisikan diri secara efektif dalam menggiring pembelajar untuk memahami pengetahuan-pengetahuan yang tidak diketahui sebelumnya.

Tindakan didaktis melibatkan dimensi intrinsik dan hasil pembelajaran pada pembelajar. Oleh karena itu, guru diharapakan mampu memahami dimensi intrinsik yang ada pembelajar misalnya perbedaan motivasi gaya belajar, strategi belajar dan sebagainya dalam menghasilkan hasil pembelajaran yang bermakna sebagai bagian dari pelaksanaan amanah yang diemban.



0 comments:

Post a Comment