Saturday, August 13, 2016

Catatan Dari Academic Writing Workshop di American Corner


10 menit sebelum pukul 9.00 pagi; jadwal kegiatan yang terpampang di e-flyer yang sudah di share melalui berbagai jaringan sosial media, para peserta telah memenuhi kursi-kursi di American  Corner Universitas Hasanuddin (12/8)

Para peserta yang datang nampaknya memang sudah siap dengan berbagai pertanyaan  terkait beasiswa di Amerika Serikat dan penulisan esai.



Ada beberapa catatan penting dari materi Academic Writing Workshop yang dipaparkan oleh perwakilan konsulat Amerika Serikat di Surabaya ini.
1.  Academic Writing yang digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar program S1, S2 dan S3 di luar negeri ditulis dengan tulisan yang formal, menggunakan subjek ketiga tunggal dan terkadang menggunakan istilah-istilah khusus.
2. Berlatihlah menulis Academic Writing sesering mungkin khususnya di bidang yang ingin digeluti, misalnya science , social science dan lain sebagainya.
3.    Jangan melakukan plagiarisme. Mintalah saran advisor untuk meyakinkan bahwa tulisan kita bukanlah plagiarisme

4.    Tips membuat Academic Writing : (1) paragraf yang singkat, (2) menggunakan contoh, tabel dan ilustrasi, (3) Hindarilah penggunaan kata-kata yang tidak penting, (4) ketahuilah sasaran tulisan serta (5) gunakanlah kalimat aktif. 

0 comments:

Post a Comment