Wednesday, August 17, 2016

Kusuma Berani Tolak Tawaran PNS Untuk Jadi Atlet Panah Indonesia


Itulah salah satu bagian yang ada dalam film 3  Srikandi. Film Indonesia yang berkisah tentang 3 atlet wanita cabang panahan yang meraih medali di ajang Olimpiade Musim Panas tahun 1988 di Seoul. Para perempuan itu adalah Kusuma (Tara Basro), Lilies (Chelse Islan) dan Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari). Mereka bertiga akhirnya dilatih oleh Donald Pandiangan (Reza Rahardian) yang sudah lama mengkhilang karena terpukul di tahun 1980 saat dia batal mengikuti Olimpiade Moskow karena alasan politik.


Untuk meraih kemenangan di Olimpiade kelas dunia tersebut, Kusuma, Lilis dan Yana dilatih secara tegas dan disiplin oleh Donald. Masa persiapan latihan dan masa latihan pun harus dilalui oleh ketiga atlet wanita ini dengan tidak mudah. Kusuma yang terus tidak mendapat persetujuan ayahnya untuk menjadi atlet dengan dalih bahwa menjadi PNS itu lebih baik. Hingga ketika pernyataan lulus sebagai PNS ternyata diterimanya, Kusuma tetap gigih meneruskan cita-citanya menjadi atlet panahan untuk mengharumkan nama Indonesia. Tawaran PNS pun ditolaknya dengan berani. Lilis pun mendapat tantangan dalam meyakinkan ibunya bahwa Dennies adalah pilihan hatinya. Yana pun harus dihadapkan pada pilihan impian atau keluarga.

Selain 3 atlet wanita dan pelatih, sosok gigih juga ditunjukkan oleh Pak Udi (Donny Damara) yang berusaha meyakinkan dan membujuk Donald untuk melatih para atlet tersebut.

Akhirnya, segala kerja keras dan upaya yang dilakukan oleh Donald sang pelatih, Pak Udi serta 3 atlet wanita terbayar dengan mendapatkan Silver Medal di Olimpiade, sebuah prestasi Internasional pertama di cabang panahan yang akhirnya mengharumkan nama bangsa ini. Tentu saja, prestasi ini akhirnya lahir dari Kusuma, Yana dan Lilies yang dikenal sebagai 3 Srikandi, the warriors of Indonesia.
* * *

Film yang disutradarai oleh Imam Brotoseno dan dirilis sejak 14 Agustus 2016 bukan hanya sekadar menggambarkan tentang latihan dan persiapan olimpiade, tapi juga menyajikan persoalan politik, keluarga, cinta, dan passion yang tersusun dengan alur  menarik. Film ini pun pada akhirnya akan menginspirasi penonton untuk melakukan hal-hal yang disukainya, selama hal-hal tersebut baik dan berguna untuk banyak orang. 

#3Srikandi
#BanggaFilmIndonesia
#FollowYourDreams
#FollowYourPassion
#Review
#Film

0 comments:

Post a Comment