Thursday, August 11, 2016

Sekadar Catatan Talkshow “Volunteerism : Kontribusi Pemuda Di Masyarakat”


“Dalam memulai suatu kegiatan misalnya terkait volunteerism, perlu research. Setelahnya, kita bisa membangun pendekatan personal”

Demikian potongan penjelasan Habibi dari Sokola Pesisir Mariso saat menjawab salah satu pertanyaan partisipan kegiatan Talkshow “Volunteerism : Kontribusi Pemuda di Masyarakat.” Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Agustus 2016 ini dilaksanakan di Daun Coffee, Jalan Daeng Tata Raya. Selain Habibi, ada juga Muh. Subhan Anugrah dari Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Sulawesi Selatan dan Rahmiana Rahman mewakili komunitas Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi) Makassar.

Saat Madri selaku moderator kegiatan yang diinisiasi oleh LPM Penalaran UNM memberi waktu kepada para narsumber bercerita, Habibi pun mulai bercerita awal mulanya bergerak sebagai volunteer di tahun 2005. Founder Sokola Pesisir Mariso ini juga bercerita banyak tentang pengalamannya menggerakkan komunitas di Suku Asmat, Flores dan beberapa provinsi di Indonesia. Selanjutnya, Subhan  bercerita tentang berbagai kegiatan KOPHI Sulawesi Selatan, sebuah komunitas berbasis lingkungan yang dinahkodai olehnya ditengah kesibukannya sebagai seorang mahasiswa. Rahmiana Rahman juga bercerita banyak tentang awal mula menginisiasi komunitas SIGi Makassar bersama 3 orang lainnya di tahun 2012.

Kegiatan yang terbuka untuk umum ini menambah semarak Daun Coffee yang memang selalu ramai oleh para pengunjung. Ditambah lagi dengan berbagai pertanyaan dari para partisipan, misalnya ada yang bertanya tentang cara memulai komunitas sosial, mengatur waktu saat menjadi volunteer, cara menggerakkan orang lain untuk bergerak di komunitas sosial serta masalah pendanaan kegiatan. 
bersama Muh. Arif, yang juga pernah menjabat sebagai Ketua LPM Penalaran



0 comments:

Post a Comment