Wednesday, April 20, 2016

Ide dari Sebuah Kopdar (Tentang @sigimks)


Niat itu mesti baik, biar bisa bertemu dengan orang-orang baik.

Ini tentang pengalamanku yang awalnya hanya mempunyai niat untuk berbagi. Niat itu mengantarku mengenal beberapa orang di Pulau Jawa di tahun 2011 yang juga ternyata mempunyai niat yang sama dan akhirnya membuat sebuah gerakan yang merupakan gerakan kepedulian sosial dan kemandirian ekonomi dari hal-hal kecil dan sederhana.
* * *
Sebelum bulan September 2012
Derap langkah terdengar memenuhi lantai 1 di kost Fathe’ saat Adri, orang terakhir yang kami tunggu petang itu, akhirnya datang. Kami berempat, ditambah Ratih dan saya memulai pembicaraan tanpa canggung, karena memang sebelumnya kami sudah “bertemu” di  facebook group sebuah komunitas pencinta buku.

Hari itu adalah kopdar pertama kami yang langsung berbuah ide. Ide yang menjadi hadiah untuk kami berempat. Ide itu adalah membuat sebuah project berbagi yang merupakan hadiah batiniah yang tidak ternilai dipikiranku. Tidak hanya itu, project berbagi itu pun kami sepakati menggunakan nama komunitas Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi), sebuah gerakan yang di tahun 2011 sudah ingin kugerakkan di Makassar, dan baru terealisasi setelah pertengahan 2012. Bersama mereka, 3 orang lainnya yang awalnya hanya bertemu di dunia maya.

Ide saat kopdar itu pun simpel. Berbagi sepatu. Ketika kita bingung dimana, Ratih pun memberi usulan di Panti Asuhan An-Nur Rahmah di Kabupaten Takalar yang memang Ratih ketahui kondisinya. Saat itu juga kami pun mencoba membuat draft proposal dengan nama kegiatan “Bersama Berbagi Semangat”  dengan tema “Merangkai Mimpi dalam Bingkai Kebersamaan”

Pertemuan beberapa jam itu pun berakhir dengan pekerjaan rumah untuk kami berempat. Menyelesaikan draft proposal tersebut.
* * *
Setelah beberapa hari draft proposal tersebut selesai. Dibawahnya, kutambahkan beberapa catatan, lalu kukirimkan kepada Adri, Fathe dan Ratih *:
1.    Sedikit curhat, semalam waktu pulang dari warkop, eh mungkin otakku lagi ngalor-ngidul sampai2 ada beberapa data yang terhapus, dan di recycle bin pun ku hapus. Ternyata salah satunya adalah file pdf proposal SIGi. So, untuk tema, masih sama kok sesuai usulku, tapi aku lupa di proposal itu aku sarankan apa yah….(^_^)
2.    Jika ingin konfirmasi lagi, sms aja yah…
3.    Ingatkan aku, kamis pagi mau buka rekening BNI u/SIGi, tapi nggak apa2 pakai namaku kan? Nanti ATM Rekening bisa di pegang oleh bendahara kok…tapi tidak usah aku jadi bendaharanya, hehehe…Ingatkan yah de…soalnya aku pelupa level 3.
4.    Setelah di Takalar, Insya Allah kita akan bikin “proyek2 berbagi” lagi kok…Ingat saja, semakin banyak berbagi, semakin banyak yang kita peroleh..So Keep Sharing (^_^)
* * *
Finally, proposal project berbagi pun selesai. Setelah selesai, sepertinya saat itulah kami mulai share tentang rencana kegiatan di Takalar. Disitu pulalah awal “menjebak” SIGiers yang sampai saat ini telah menjadi keluarga bagiku, bagi kami berempat.

Meski pada awalnya kegiatan yang direncanakan terlaksana di tanggal 4 Oktober 2012, dan baru terlaksana di tanggal 3 November 2012, Project Berbagi (PB) 1 terus memberikan makna bagiku tentang niat baik yang akan mengantarkan kita bertemu dengan orang-orang baik.

* * *
#MariBerbagi
#BerbagiTidakMembuatRugi
#SIGiMakassar

0 comments:

Post a Comment