Friday, July 29, 2016

Meski Sempat Nyasar, Jelajah Tim Aster Tetap Seru

Catatan Hari Kelima KMD dan KML Kwarcab Kota Makassar
Salah satu kegiatan mengesankan di hari ke-5 Kursus Pembina Pramuka Mahir(29/8) adalah kegiatan penjelajahan. Selama penjelajahan, para peserta diinstruksikan untuk membaca jejak yang sudah disiapkan panitia. Selain itu, ada 4 pos yang sudah disiapkan sebagai tempat berhenti para peserta menyelesaikan tugas-tugas berupa membaca sandi, menaksir tinggi pohon dan menjawab beberapa pertanyaan.

Kami dari tim aster yang terdiri dari 7 orang yaitu Kak Andi Ani, kak Mia, kak Hasda, kak Feby, kak Eva, kak Ifa dan saya melewati pos 1 tanpa rintangan. Meski awalnya bingung membaca sandi, pada akhirnya pun bisa terpecahkan. Perjalanan pun kami lanjutkan menuju pos selanjutnya. Perjalanan menuju pos 2 penuh liku. Kami ternyata melalui jalur yang kurang tepat, hingga akhirnya langsung sampai ke pos 4.  Pelatih di pos 4 pun meminta kami kembali untuk mencari pos 2. Tentu saja, kami harus melalui jalur dari pos 1 sebelumnya.

Perjalanan mencari pos 2 pun tidak mudah. Kami kembali nyasar hingga di pemukiman penduduk, karena mendapatkan kata kunci untuk mencari sebuah masjid. Ternyata masjid yang kami datangi bukanlah masjid yang dimaksud. Kami pun harus keluar kompleks tersebut dan mengitari jalan utama di kawasan Villa Mutiara. Setelah berjalan dengan penuh keletihan, kami pun menemukan pos 2. Setelah melaksanakan tugas di pos tersebut, kami melanjutkan perjalanan menuju pos 3 yang tidak lagi sesulit mencari pos 2. Selanjutnya, setelah menyelesaikan tugas di pos 3 berupa menggambar sketsa, dengan tidak sulit kami menemukan pos 4 yang memang sudah kami dapati saat nyasar.

Perjalanan kami di tim aster tidak mudah, hingga tim kami tiba kembali di perkemahan pukul 6 sore. Peluh bercucuran, dahaga terasa, kaki kadang terseok, tapi tetap ada senyum yang berkembang. Meski sempat nyasar, toh jelajah tim aster tetap seru J .