Friday, July 15, 2016

Rudy Habibie; Film Yang Ciptakan Berbagai Perasaan

Pembuka film ini sudah menciptakan berbagai perasaan. Bermula dari serangan bom sekutu yang membuat ketakutan, keinginan kuat Rudy Habibie kembali mengambil meccano dan buku meski dalam keadaan sekutu melancarkan aksinya, hingga kematian papi Rudy (Alwy Habibie) pada waktu sujud saat mengimami keluarganya melaksanakan ibadah shalat yang akan membuat kita menitikkan air mata.

Prekuel dari kisah “Habibie & Ainun” ini mengisahkan perjuangan Rudy (yang diperankan oleh (Reza Rahardian) yang belajar di RWTH Aachen, Jerman. Disini kita melihat pengorbanan keluarga dalam mencapai cita-cita Rudy untuk membuat pesawat seperti pesan almarhum papinya. Di Aachen ini Rudy selalu mengalami perasaan “rindu rumah” dan  memaknai lebih tentang persahabatan, cinta, kemerdekaan yang butuh integritas hingga nasionalisme melalui keterlibatannya sebagai ketua PPI Aachen.

Sebagai Ketua PPI Aachen, salah satu impian terbesarnya adalah membuat industri pesawat terbang. Hal ini diilhami dari ingatan akan perkataan ayahnya untuk membuat pesawat yang membuat orang bisa saling berdekatan. Banyak yang menertawakan ide tersebut, tapi tetap ada beberapa orang yang selalu yakin akan impian tinggi Rudy yang memang terkenal sebagai pemuda jenius. Beberapa orang tersebut adalah Panca, Keng Kie, Poltak Hasibuan dan Ayu sebagai sahabat-sahabat terdekat Rudy serta keberadaan Ilona sebagai kekasih Rudy meski pada akhirnya harus berpisah. Disinilah kita bisa menyadari bahwa kehadiran orang-orang terdekat yang mendukung impian kita adalah kekuatan besar yang tidak mudah terpatahkan.
* * *
Rudy Habibie, sebuah film besutan Hanung Bramantyo. Film berdurasi 2 jam ini mengantar kita melihat nasionalisme Rudy yang selalu yakin bahwa  “we are the children of the future.Menonton film yang ciptakan berbagai perasaan ini membuat saya yakin, akan semakin banyak orang yang bisa terinspirasi menjadi mata air jernih untuk negeri.
* * *
Ada tiga  kutipan favorit saya di film ini; yaitu :
Remember the spring. If you are good, everything around you will become good.
We both want to live without limit

Apa yang kamu butuh atau apa yang orang lain butuh. Mata air akan muncul di tanah yang bergolak.


Kalau kutipan favorit kamu? J

1 comment: