Saturday, June 18, 2016

Beberapa Hal Yang Anak Muda Perlu Tahu Tentang Kewirausahaan


Sebagai anak muda, terkadang kita memiliki banyak pertimbangan ketika akan tejrun di dunia kewirausahaan. Sebut saja misalnya persaingan yang sangat sulit, modal  yang susah di dapat, lingkungan cepat berubah serta pendidikan untuk mempelajari dunia kewirausahaan ini mahal harganya.

Milles Jennis, Founder dan CEO Recruiter.com dalam sebuah diskusi tentang kewirausahaan pun berbagi tentang beberapa hal yang sebenarnya anak muda perlu tahu tentang kewirausahaan.

“Anak Muda
Ada perkataan bijak mengatakan bahwa "waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun sebelum saat ini, Waktu terbaik kedua adalah sekarang.” Ini menandakan bahwa segala hal baik jika dilakukan lebih cepat akan berbuah hasil yang lebih baik dna lebih  cepat pula. Karena itu, selagi kita masih muda, kita tidak perlu menunggu “kesempatan emas” untuk berkecimpung di dunia kewirausahaan. Kalau sudah ada ide, laksanakanlah anak muda!
Semakin cepat kita mulai berkecimpung di dalam dunia kewirausahaan itu, semakin cepat pengetahuan, pengalaman dan uang yang datang. Disitulah kita akan belajar tentang kesuksesan dan kegagalan.

Kegigihan itu penting
Setiap orang memiliki bermaca-macam ide, kreativitas dan keterampilan. Tapi tidak semua orang konsisten dan gigih menuju tujuannya. Padahal kenyataannya, kesuksesan adalah hasil dari upaya orang-orang yang menerapkan kegigihan dalam setiap upayanya. Oleh karena itu selagi muda, kebangkrutan dan kegagalan adalah hal biasa dan menjadi pelajaran berharga menuju kesuksesan dalam bisnis.

Peran Pendidikan
Pendidikan adalah salah satu bagian penting dalam kewirausahaan karena didalamnya kita akan belajar tentang teori-teori aplikatif yang berguna ketika terjun langsung sebagai young entrepreneur.

Memahami Tren
Saat ini, kewirausahaan dijadikan sebagai subjek di sekolah. Hal ini didasari oleh pemikiran pentingnya mengembangkan kewirausahaan sedini mungkin. Pada akhirnya kewirausahaan menjadi sebuah tren. Oleh karena itu, sebagai anak muda, kita harus memahami tren ini, termasuk memahami perkembangan kewirausahaan saat ini dan 10 tahun ke depan.

Memahami Masalah Yang Ada
Sebagai anak muda yang memahami masalah kondisi sekitar, semestinya mencoba mencari solusi dari masalah tersebut. Salah satunya melalui kewirausahaan. Hingga pada akhirnya sebagai anak muda, kita diharapkan memiliki model bisnis yang memecahkan masalah dan mampu meraup keuntungan.
* * *
Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #RamadanDay13 #SIGiMenulisRamadan
Baca tulisan SIGiers Makassar yang lain
Jabbar : begooottt.wordpress.com
Nunu   : nuralmarwah.com
Adry    : bukanamnesia.blogspot.com
Amma : nurrahmahs.wordpress.com
Kyu     : kyuuisme.wordpress.com
Inov    : inanovita.blogspot.co.id
Indi     : indritriyani.wordpress.com
Ratih   : burningandloveable.blogspot.com
Anca    : rancaaspar.wordpress.com
Oshin  : uuswatunhasanah.tumblr.com

0 comments:

Post a Comment