Sunday, June 19, 2016

Definisi Bahagia

Saya akan bahagia kalau sudah menjadi PNS, tinggal duduk tenang di belakang meja.
Saya akan bahagia kalau kamu jadi dosen, dihormati banyak orang.
Saya bahagia kalau punya banyak uang.
Saya bahagia kalau bisa naik kelas.
Saya bahagia kalau saya cantik/ganteng.
Saya bahagia kalau saya pintar.
Saya bahagia kalau saya terkenal.
Saya bahagia kalau kamu jadi apa yang saya mau!!!
* * *
Itulah beberapa definisi bahagia yang pernah saya dengar dari orang-orang terdekat. Definisi berbeda itu mengantarkan mereka pada satu perasaan. Perasaan yang membuat mereka “di atas awan,” entah sejenak atau semoga berlangsung berlangsung lama dan berakhir dengan kata; nyaman. 

Bahagia seharusnya membuat nyaman. Jika seorang PNS mendapatkan kehidupan yang nyaman dengan menjadi PNS, maka bahagia diperolehnya. Jika seorang tuan tanah merasa nyaman dengan banyak uang, maka bahagia diperolehnya. Jika seorang artis merasa nyaman dengan terkenal, maka bahagia diperolehnya. Namun, jika seseorang bahagia hanya untuk membuat orang lain bahagia dan dirinya sendiri tidak bahagia, itu bukanlah bahagia. Bisa jadi itu hanya perbuatan menyenangkan berkedok bahagia.

Setiap orang memiliki definisi bahagia yang berbeda. Oleh karena itu jika si A bahagia dengan menjadi dosen, belum tentu si B yang dosen pun bahagia dengan posisi tersebut. Begitu pun jika si Song Joongki bahagia dengan terkenal, belum tentu si Saputra bahagia kalau terkenal. Biarkanlah seseorang mencari definisi bahagianya masing-masing. Pandangan bahwa bahagia itu jika menjadi “ini” dan “itu” hanyalah sekadar gambaran. Pada akhirnya, setiap orang akan menemukan cara bahagianya masing-masing.

Nah, kalau saya ditanya, definisi bahagia ammy apa?
Jawaban saya simpel. Saya pun yakin ini jawaban dari banyak orang khususnya mereka yang aktif di dunia kerelawanan.
“Bahagia itu kalau bisa berbuat hal kontributif untuk orang lain, khususnya anak-anak Indonesia, hidup sederhana tapi sejahtera dan memiliki pendamping hidup yang memahami dunia kerelawanan.”

Kalau definisi bahagiamu apa?

Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #RamadanDay14 #SIGiMenulisRamadan
Baca tulisan SIGiers Makassar yang lain
Nunu   : nuralmarwah.com
Kyu     : kyuuisme.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment