Thursday, June 30, 2016

Beberapa Hal Yang Saya Tanyakan Dalam Sharing Manajemen Komunitas Sosial


Bagian Ketiga dari Sharing Manajemen Komunitas Sosial

Kesempatan berharga mengikuti materi Manajemen Komunitas Sosial  Saya kemudian sharing sedikit tentang manajemen SIGi Makassar. Pertama, saya sharing tentang struktur komunitas kami yang terdiri dari Ketua, Bendahara dan para penananggungjawab kegiatan (Project Berbagi, Carakde, AISITERU, RK dan Teling). Setelah itu, saya bertanya pendapat kak Bunga tentang struktur tersebut. Pertanyaan berikutnya adalah seberapa penting legalitas dalam komunitas sosial jika manfaat yang ingin diberikan bisa dalam lingkup yang lebih luas?


Ada beberapa kesimpulan yang saya peroleh dari jawaban kak Bunga. Pertama, masalah struktur sebenarnya tergantung kebutuhan komunitas. Yang terpenting adalah  setiap orang dalam komunitas tahu peran peran dan tanggungjawabnya dalam komunitas tersebut. Kedua, komunitas dalam lingkup kecil maupun besar, urusan pengadministrasian dan akuntabilitas itu penting. Terkait dengan legalitas, hal itu bergantung pada visi komunitas. Jika komunitas hanya ingin berkarya di lingkup yang kecil dan sudah berjalan lancar, tinggal dilanjutkan dengan kaidah yang sama. Tapi, jika komunitas ingin berkarya dan bermanfaat di lingkup yang lebih besar, keberadaan sebuah legalitas perlu adanya.
* * *
Silahkan baca :
* * *
Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #RamadanDay25 #SIGiMenulisRamadan
Baca tulisan SIGiers Makassar yang lain
Kyu     : kyuuisme.wordpress.com
Nunu   : nuralmarwah.com

2 comments:

  1. Semoga SiGi ke depannya, bisa membantu lebih banyak lagi anak-anak yah. Mari ambil bagian pada pembangunan negeri ini

    ReplyDelete
  2. Amin..Insya Allah kak Bunga (^_^)

    ReplyDelete