Wednesday, June 29, 2016

Sesi Tanya Jawab Pada Sharing Manajemen Komunitas Sosial

bersama Kak Bunga

Bagian kedua
Saat mengikuti sharing Manajemen Komunitas Sosial yang dipaparkan oleh Kak Bunga (28/6),  saya pun memulai dengan sebuah pertanyaan.

Menurut pendapat kak Bunga, apa saja kelemahan komunitas sosial saat ini, khususnya yang ada di Kota Makassar?
Kak Bunga menjawab beberapa poin, yaitu:
Manajemen yang kurang teratur
Manajemen yang kurang teratur di sini misalnya kita tidak mampu memposisikan  diri bekerja sesuai dengan  tanggungjawab masing-masing. 
Sulit mendelegasikan sesuatu
Terkadang kita tidak bisa menyelesaikan sebuah tanggungjawab tepat waktu tapi kita tidak mampu mendelegasikannya. Padahal di setiap komunitas, akan ada orang-orang yang siap back-up jika yang diamanahi tidak mampu menyelesaikan tangggungjawab tersebut. 
Pertanggungjawaban kegiatan
Salah satu bentuk pertanggungjawaban kegiatan biasanya dalam bentuk foto-foto yang diunggah di media sosial. Sayangnya, foto-foto unggahan tersebut akan pelan-pelan terlupakan seiring waktu serta banyaknya kegiatan lainnya. Oleh karena itu perlu pengarsipan. Termasuk untuk pelaporan pertanggungjawaban keuangan.
Selanjutnya ada pertanyaan Kak Niar dari Komunitas Sahabat Kita
Bagaimana menggait donatur dan tip mengelola rapat kak?
Kak Bunga menjawab:
Dalam menggait donatur, biasanya dimulai dengan orang-orang terdekat. Selain itu dokumentasi kegiatan perlu dikumpulkan sebagai bahan pertanggungjawaban bahwa kita pernah melakukan berbagai kegiatan. Sedangkan dalam mengelola rapat, tergantung kebutuhan komunitas.
Terkait mengelola rapat, kak Ama dari komunitas pengguna Linux yang sudah berjalan 10 tahun sedikit sharing tentang komunitasnya . Kak Ama menceritakan sedikit tentang proses rapat  komunitas mereka yang lebih banyak dilakukan secara online. Menurut kak Ama, kalau bertemu langsung bisa jadi rapatnya tidak jadi. Komunitas ini biasanya akan berkumpul jika ada workshop IT dan sebagainya. Selain itu, komunitas kak Ama ini juga menceritakan tentang komunitasnya yang pernah diamanahi menyelenggarakan kegiatan nasional dengan dana ratusan juta karena berbagai kelengkapan dokumentasi dan administrasi kegiatan yang mereka punya.
* * *
Setelah bertanya, kak Oky (Ketua SIGi Makassar saat ini) dan saya pun sharing tentang SIGi Makassar kepada Kak Bunga dan teman-teman peserta lain. Harapannya, kami berdua bisa dapat tanggapan sehingga beberapa hal bisa saja kita aplikasikan untuk SIGi Makassar yang lebih baik kedepannya . Sharing tersebut akan saya tulis di bagian ketiga. (^_^)

Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #RamadanDay24 #SIGiMenulisRamadan
Baca tulisan SIGiers Makassar yang lain
Kyu     : kyuuisme.wordpress.com
Nunu   : nuralmarwah.com

0 comments:

Post a Comment