Wednesday, June 15, 2016

Setiap Anak Bisa Menjawab Tantangan


Catatan dari presentasi Semester Report Semester IV dari anak-anak PA kesayangan
 
Di Bosowa School Makassar, selain menjadi guru, beberapa guru juga diamanahi menjadi Pembimbing Akademik. Begitupun saya. Saya diamanahi menjadi Pembimbing Akademik 10 anak angkatan 2014 Junior High School yaitu Putri Salsabila, Jihan Salsabila, Windiyana Putri, A.Mirsya Nurul Inayah, Nabila Putri Saltika, We Andita Dala, Layanah Azzahra Malakiano, Melcya Putri Nastiti Hardeny, A. Laila Dutia Aisah Septiman dan Anugerah Permata Achmad.

Layaknya anak yang menginjak usia remaja pada umumnya, mereka terus menikmati kehidupan. Bermain, tertawa dan melaksanakan apa pun yang membuat mereka bahagia. Tapi, setahu saya dari keinginannya untuk bahagia tersebut, mereka selalu berupaya untuk membuat orang tua mereka pun ikut bahagia. Bahkan bangga terhadap mereka.

Hari ini (15/6) saya membuktikan keinginan anak-anak PA kesayangan itu untuk membahagiakan orang tua mereka melalui presentasi Semester Report IV. Dalam presentasi tersebut, beberapa anak PA saya yang telah menyelesaikan semua mata pelajaran dengan hasil yang memenuhi standar nilai, memaparkan pencapaian akademik dan non-akademik selama semester IV di Bosowa School Makassar di depan orang tua mereka. Presentasi yang mereka paparkan dengan full English ini membuat saya yakin bahwa setiap anak bisa menjawab tantangan.

Dala
Dala sedang presentasi di depan ayahnya
Presentasi yang dimulai jam 11.15 menit itu diakhiri dengan perasaan puas dari ayahnya atas pencapaian yang diperoleh Dala. Ketika ditantang untuk bisa mengkhatamkan Al-Quran untuk semester V ke depan, Dala menyanggupi. Keep Spirit Dala!

Melcya
Melcya sedang presentasi di depan ibunya
Melcya membuka presentasi dengan ucapan terima kasih atas kesediaan ibunya datang dan dilanjutkan ucapan “thank you maam Ammy for supporting me.” Ucapan pembukanya itu semakin memacu saya untuk lebih memaksimalkan potensi anak-anak PA kesayangan saya.

Presentasi Melcya hari ini pun membuat  ibunya bangga. Ibu Melcya mengingatkan Melcya untuk lebih rajin lagi dan memberi tantangan untuk bisa khatam Al-Quran dan memperbaiki speaking ethic di semester V ke depan. Melcya juga menyanggupi dengan senyum sumringah. Keep Spirit Melcya!

Layanah
Layanah sedang presentasi di depan ayah dan bundanya
Sedari pagi Layanah mencari saya untuk latihan presentasi. Ini sebagai bukti bahwa Layanah ingin menampilkan yang terbaik untuk ayah dan bundanya.

Layanah pun memulai presentasi sekitar pukul 13.30. Presentasi yang lumayan panjang itu membuat orang tuanya bangga. Apalagi ketika melihat pencapaian akademik dan hafalan Surah Pendek anaknya. Yang paling membanggakan menurut mereka adalah keberhasilan Layanah menjawab setiap tantangan yang diberikan. Di presentasi semester ini pun, Layanah membuktikan. Presentasi 100 % English.

Di akhir presentasi, ayah dan ibu Layanah bertanya “Layanah mau memberi tantangan apa selanjutnya untuk diri sendiri?”Menurut saya, mereka bertanya seperti itu karena mereka yakin anak sulungnya mampu menjawab setiap tantangan dari mereka. Layanah pun menjawab “lebih belajar lagi Matematika, memperbaiki shalat sunnah, puasa Senin-Kamis minimal sekali sebulan.”

Setelah Layanah menutup presentasinya, orang tuanya berkata “thank you Layanah for your presentation, we are proud of you.”
* * *
Saya yang melihat presentasi anak-anak PA kesayangan itu, merasa bangga. Mereka membuktikan bahwa setiap anak bisa menjawab tantangan yang diberikan ketika mereka diarahkan dan diberi kesempatan untuk melakukan upaya yang maksimal. Dukungan orang tua pun menjadi faktor penting dalam memberikan kesempatan tersebut. Karena pada akhirnya mereka adalah anak-anak yang terus tumbuh untuk menjawab setiap tantangan kehidupan demi membahagiakan dan membanggakan orang tua.

*Masih menunggu presentasi beberapa anak-anak PA kesayangan lain.

Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #RamadanDay10 #SIGiMenulisRamadan
Baca tulisan SIGiers Makassar yang lain
Jabbar : begooottt.wordpress.com
Nunu   : nuralmarwah.com
Adry    : bukanamnesia.blogspot.com
Amma : nurrahmahs.wordpress.com
Kyu     : kyuuisme.wordpress.com
Inov    : inanovita.blogspot.co.id
Indi     : indritriyani.wordpress.com
Ratih   : burningandloveable.blogspot.com
Anca    : rancaaspar.wordpress.com
Oshin  : uuswatunhasanah.tumblr.com

0 comments:

Post a Comment