Saturday, June 11, 2016

Tentang Keramahan Seorang H.M Aksa Mahmud

Bersama Bapak H.M Aksa Mahmud, Founder Bosowa Corporation
Ada beberapa hal penting yang dimiliki oleh pemimpin selain kemampuan leadership, yaitu memiliki kredibilitas dan keramahan.

Kredibilitas menurut Aristoteles, bisa diperoleh jika seorang pemimpin memiliki ethos, pathos dan logos. Ethos adalah kekuatan yang dimiliki pembicara dari karakter pribadinya. Pathos adalah kekuatan yang dimiliki seorang pembicara dalam mengendalikan emosi pendengarnya. Sedangkan logos adalah kekuatan yang dimiliki komunikator melalui argumentasinya. 

Keramahan sebagai salah satu faktor yang harus dimiliki seorang pemimpin sehingga para bawahannya merasa dekat dan nyaman. Keramahan ini bisa ditunjukkan dengan senyuman saat pemimpin bertemu bawahan.

Keramahan inilah yang saya rasakan saat bertemu Bapak H.M Aksa Mahmud, seorang top national leader seusai buka puasa bersama di Balai Sidang 45 petang ini (10/06). Keramahan yang terpancar dari wajah Founder Bosowa Corporation terpancar untuk semua orang yang dilihatnya.

“Pak, boleh selfie,” kataku.
“Silahkan,” jawabnya singkat dengan senyum.
Meski dikerumunan banyak orang, saya pun mendapatkan beberapa foto bersama beliau, termasuk foto selfie yang mesti diulang beberapa kali.


Semoga keramahan Bapak H.M Aksa Mahmud menjadi gambaran bagi para pemimpin bahwa seorang pemimpin itu selayaknya ramah pada semua orang. Justru dengan keramahan ini, para bawahan bisa lebih hormat dan segan pada atasannya. Iya kan?

Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #RamadhanDay5 #SIGiMenulisRamadhan
Baca tulisan SIGiers Makassar yang lain
Nunu   : nuralmarwah.com
Adry    : bukanamnesia.blogspot.com
Amma : nurrahmahs.wordpress.com
Kyu     : kyuuisme.wordpress.com
Inov    : inanovita.blogspot.co.id
Indi     : indritriyani.wordpress.com
Ratih   : burningandloveable.blogspot.com
Anca    : rancaaspar.wordpress.com
Oshin  : uuswatunhasanah.tumblr.com

0 comments:

Post a Comment