Tuesday, June 28, 2016

Sharing Manajemen Komunitas Sosial Dari Kak Andi Bunga Tongeng

Kak Bunga memulai sharing
Bagian Pertama
Sharing Manajemen Komunitas Sosial yang dipaparkan oleh Kak Andi Bunga Tongeng yang akrab disapa kak Bunga pada hari Selasa (28/6) berlangsung dengan antusiasme penuh dari para peserta.

Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 wita, dimulai dengan paparan Kak Bunga tentang beberapa pengertian komunitas, faktor terbentuknya komunitas, kriteria komunitas sosial dan manajemen komunitas.
Pengertian Komunitas 
Kertajaya Hermawan (2008) 
Komunitas adalah sekelompok orang yang peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values. 
Hendro Puspito 
Suatu kumpulan nyata, teratur dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama. 
Paul B. Horton & Chaster L. Hunt
Suatu kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaanya dan saling berinteraksi. 
Faktor terbentuknya komunitas menurut Vanila Delobelle PhD adalah: keinginan berbagi (sharing), tempat yang disepakati bersama untuk bertemu, ritual dan kebiasaan ; orang-orang datang secara teratur dan periodik, influencer merintis sesuatu hal dan para anggota selanjutnya ikut terlibat. 
Kriteria komunitas sosial menurut Soerjono Sukanto
  1. Setiap anggota kelompok harus sadar bahwa dia merupakan sebagian dan kelompok yang bersangkutan
  2. Ada hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya
  3. Ada suatu faktor yang dimiliki bersama, sehingga hubungan antara mereka bertambah erat,misalnya nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama dan lain-lain
  4. Berstruktur
  5. Berkaidah,
  6. Mempunyai pola perilaku
  7. Bersistem
  8. Berproses
Manajemen komunitas, meliputi :  
Planning (perencanaan) 
Proses pemikiran, dugaan, rencana dan penentuan prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melakukan tindakan yang sebenarnya. Perencanaan berupa : rapat kerja, rapat evaluasi, rapat anggaran 
Organizing (pengorganisasian) 
Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat. 
Actuating (pengarahan) 
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta memotivasi agak pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas. Wujud konkrit berupa laporan pertanggungjawaban kegiatan, laporan keuangan komunitas dan bentuk lain yang disepakati. 
Controlling (Pengawasan) 
Rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan. 
Menyaksikan paparan kak Bunga membuat saya semakin semangat dalam menggerakkan komunitas sosial yang saya geluti saat ini, salah satunya SIGi Makassar. Seperti dugaan saya sebelumnya, saya akan dapat banyak tambahan ilmu setelah menghadiri sharing ini. Terima kasih kak Bunga atas sharingnya. Terima kasih Dilo Makassar sudah menginisiasi kegiatan ini.
foto bersama setelah Sharing
Sesi tanya jawab dengan kak Bunga akan saya tulis di bagian kedua. 


Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #RamadanDay23 #SIGiMenulisRamadan
Baca tulisan SIGiers Makassar yang lain
Nunu   : nuralmarwah.com
Kyu     : kyuuisme.wordpress.com

2 comments:

  1. Makasih sudah menuliskan ini. Presentasinya sengaja dibuat sesingkat mungkin. Biar sesi diskusi lebih panjang

    ReplyDelete