Wednesday, June 22, 2016

Cara Memberi Instruksi

bersama Kolonel Susanto dan Kolonel Haris, 2 pemateri kece di workshop para Guru Bosowa School Makassar
Tulisan ini merupakan catatan singkat saat mengikuti materi Cara Memberi Instruksi (CMI) pada workshop untu para guru dan staf Bosowa School Makassar. Materi ini dibawakan oleh Kol. Inf. Susanto dari Kodam VII Wirabuana. Semoga berguna untuk teman-teman yang terlibat di dunia pendidikan
* * *
Cara Memberi Instruksi (CMI) adalah suatu teknik yang digunakan oleh seorang guru/pelatih/dosen menyampaikan pelajaran kepada peserta didik sehingga tujuan pelajaran dapat tercapai secara maksimal

Dalam memberikan instruksi, pedoman yang diperlukan adalah menggunakan bahasa sederhana, menggunakan indra melalui teori dan praktek, meminta siswa berpikir dan bertindak.


Adapun teknik berbicara dalam memberikan instruksi adalah
1.      Berbicara lebih perlahan
2.      Bicara dengan semangat tapi dikuasai
3.      Berbicara dengan suara penuh
4.      Jangan menjemukan/beri selingan
5.      Kadang-kadang berhenti sejenak
6.      Hindarkan kebiasaan yang dapat mengganggu peserta didik

Sedangkan tahap-tahap dalam memberikan instruksi berupa tahap persiapan (menyiapkan secara jelas apa yang akan diinstruksikan), penyajian (memberi instruksi dengan benar), praktek (peserta didik mengikuti instruksi yang ada), pemeriksaan dan kritik.

Semoga catatan ini memberi gambaran tentang cara memberi instruksi dengan benar sehingga bisa kita gunakan di dunia pendidikan, baik formal maupun informal. Keep sharing (^_^).

* * *
Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan #RamadanDay17 #SIGiMenulisRamadan
Baca tulisan SIGiers Makassar yang lain
Nunu   : nuralmarwah.com
Kyu     : kyuuisme.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment