Sunday, June 5, 2016

Beberapa Hal Yang Bisa Kita Lakukan Sebagai Bukti CInta Lingkungan


Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk lingkungan yang merupakan kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya (definisi dari UU No. 23 Tahun 1997). Mulailah dari hal-hal sederhana yang akan berdampak besar jika terus dilaksanakan secara konsisten.

Belajar Daur Ulang
Lihatlah barang-barang di sekitar kita. Banyak yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan. Temukan berbagai kreasi daur ulang di internet, misalnya di instagram @bikinbikin_
Source : @bikinbikin_
Hindari Penggunaan Kantong Plastik Berlebih
Sebagai bahan yang sangat lama untuk bisa diuraikan, penggunaan plastik haruslah dikurangi. So, jika berbelanja, bawalah tas sendiri.


Menghemat Penggunaan Air
Kuantitas air yang tetap dan jumlah manusia yang membutuhkan air terus bertambah akan menciptakan ketidakseimbangan jika tidak disikapi secara bijak. Oleh karena itu, kita perlu mengelola air, misalnya dengan menghemat penggunaan air tersebut.


Do campaign
Tebarkanlah semangat cinta lingkungan melalui campain untuk menarik banyak orang melakukan hal-hal kecil tapi konsisten untuk dampak yang lebih luas.
Hemat Enegi
Berbagai langkah kecil bisa dilakukan untuk menghemat energi, misalnya matikan listrik saat tidak digunakan. Selain menjadi langkah kecil kepeduliaan terhadap lingkungan, tagihan listrik pun akan berkurang.

Be A Wise Costumer
Jadilah seseorang yang membeli kebutuhan sesuai yang dibutukan bukan kebutuhan yang diinginkan.

Bergabung dengan komunitas pencinta alam
Untuk kita yang bergabung dalam komunitas pencinta alam misalnya mahasiswa pencinta alam (mapala), siswa pencinta alam (sispala), kelompok pencinta alam (KPA) maupun berbagai komunitas peduli lingkungan lainnya, tentu merasa bangga bisa bergabung di sekumpulan orang dengan minat yang sama. Kita pun sudah berada di tempat yang tepat untuk mengetahui pentingnya mencintai lingkungan. Bergabung di komunitas ini bukan hanya sekadar menjejak di puncak-puncak gunung, menelusuri keheningan goa vertikal dan horizontal, menikmati ketinggian tebing, melihat derasnya sungai maupun menyusuri indahnya pantai. Tapi sejatinya, komunitas ini akan membuka wawasan kita dalam membuktikan “cinta lingkungan” seperti yang selalu kita ucapkan.
dokumentasi Temu Wicara Kenal Medan Mapala Nasional 2010

#SaveOurEarth
#GoMAPALA
#WorldEnvironmentDay

0 comments:

Post a Comment